Kamis, 20 Februari 2014

Makalah Perkembangan Processor


Tugas Makalah Organisasi dan Arsitektur Komputer

      

PERKEMBANGAN PROCESSOR


logo.jpg 



NAMA : MERI SITI MARYAM
NPM     : 432007006130127
KELAS : A TEORI

JL. RE Martadinata No.272 AIndihiang, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat-Indonesia., Jawa Barat 46156
(0265) 310830

                                                                KATA PENGANTAR


Puji syukur penyusun panjatkan ke hadirat Allah Subhanahu wata΄ala, karena berkat rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Perkembangan Prosessor . Makalah ini diajukan guna memenuhi tugas mata kuliah Organisasi dan Arsitektur Komputer.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu sehingga makalah ini dapat diselesaikan sesuai dengan waktunya. Makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan makalah ini.
Semoga makalah ini memberikan informasi bagi masyarakat dan bermanfaat untuk pengembangan ilmu pengetahuan bagi kita semua
Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,


                                                                                                                Tasikmalaya, 19 February 2014



                                                                              Meri Siti Maryam












DAFTAR ISI

Kata pengantar……………………………………………………………………
Daftar isi…………………………………………………………………………
Bab 1 Pendahuluan………………………………………………………………
Bab 2 Materi Makalah Perkembangan Prosessor
A.Sejarah Prosessor…………………………………………………………………………
    1).Ihwal berdirinya Perusahaan Intel………………………………………….
B. Sejarah Perkembangan Prosessor AMD………………………………………………………. ……………………
C.Jenis-Jenis Prosessor…………………………………………………………………………
 1).Prosessor Laptop……………………………………………………………..
          2).Prosesor Android……………………………………………………….
                    3).Prosesor Smartphone…………………………………………….
 D.Cara Kerja       Prosesor…………………………………………………………………………..
Bab 3 Penutup
Kesimpulan……………………………………………………………………….
Biografi Penemu Prosesor ……………………………………………………….
Daftar Pustaka…………………………………………………………………….













BAB I
PENDAHULUAN

A.             Latar Belakang

Komputer adalah suatu peralatan elektronik yang dapat menerima input, mengolah input, memberikan informasi, menggunakan suatu program yang tersimpan di memori computer, dapat menyimpan program dan hasil pengolahan, serta bkerja otomatatis. Istilah komputer (computer) di ambil dari bahasa latin computer yang berarti menghitung (to comaipute/to reckon). Kunci kesuksesan dalam belajar pengantar teknologi informasi ini adalah pada kemampuan memahami tiga hasil pokok pengantar teknologi informasi, yaitu kegunaan, jenis – jenisnya dan cara kerjanya. Dengan penjelasan ini maka kami di tujukan untuk pembuatan makalah pengantar teknologi informasi yang bertema prosessor/CPU.
Processor ini biasanya sering di sebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang di dukung oleh komponen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem computer  dan di gunakan sebagai pusat /otak dari computer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah di sediakan oleh motherboard, dan dapat sesui dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan computer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

 


BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian dan Sejarah Processor

Processor merupakan otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya.

Processor adalah Sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer.

Processor digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai gigahertz. Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :

* Aritcmatics Logical Unit (ALU)

* Control Unit (CU)

* Memory Unit (MU)




B.Sejarah Processor Intel
Intel Building

Prosesor adalah jantung dari sebuah komputer dan banyak diantara pengguna teknologi terutama komputer pribadi mengetahui bahwa perangkat yang mereka gunakan mengandung “Intel Inside“. Intel adalah pembuat mikroprosesor yang tersebar luas sejak empat dasa warsa yang lalu dan sampai saat ini merupakan arsitektur yang paling banyak digunakan untuk menjalankan platform sistem operasi Linux dan secara eksklusif digunakan untuk Windows.
Pada tahun 1969 dan sebelum lahirnya mikroprosesor pertama, menurut catatan yang diungkapkan di situsnya, Intel sebagai produsen semikonduktor telah menerima permintaan dari Nippon Calculating Machine Corporation (NCMC) untuk merancang 12 chips khusus, yang rencananya digunakan untuk membangun produk kalkulator Busicom 141-PF. Insinyur Intel pada saat itu menyarankan keluarga yang terdiri ari hanya empat chips, termasuk salah satu yang dapat diprogram untuk digunakan dalam berbagai produk. Prestasi ini ternyata telah menjadi awal dari revolusi teknis yang secara dramatis mengubah jalannya pengembangan elektronik.
Intel kemudian merancang satu set terdiri dari empat chip yang dikenal sebagai MCS-4. Set ini terdiri dari central processing unit (CPU) berupa chip 4004, yang didukung chip memori read-only (ROM) mengandung program aplikasi khusus, chip memori random-access (RAM) untuk pengolahan data, dan sebuah chip shift-register yang ditugaskan menangani port input/output (I/O). Agar dapat memanfaatkan rancangan tersebut untuk pelanggan lainnya, Intel kemudian membeli hak atas disain itu dari NCMC.
Empat puluh dua tahun yang lalu, pada tanggal 15 November 1971, Intel meluncurkan prosesor empat bit Intel®4004 dan set chip disekitarnya. Intel 4004 telah menjadi mikroprosesor pertama yang di jual untuk umum disamping menjadi CPU pertama yang dijalankan di atas sebuah chip. Dalam iklan yang disebarkan di Electronic News, Intel mendeklarasikannya sebagai “Sebuah Era Baru Dalam Elektronik Terpadu.”
Menyusul sukses besar 4004, Intel meluncurkan generasi penerusnya pada bulan April 1972, berupa mikroprosesor 8008, kemudian 8080 dengan arsitektur 8 bit yang disambut pasar sangat baik. Perusahan Seiko misalnya langsung memesan chipset ini untuk ditanam dalam kalkulator mereka. Sebagai penerus 8008, Intel 8080 diluncurkan pada bulan April 1974. Chip ini jugalah yang dipasang di Altair 8800, yaitu merupakan PC pertama dalam sejarahnya. Ketenaran mikroprosesor ini, dan meluasnya program aplikasi yang menyokong 8080 telah membangkitkan minat perusahan semikonduktor lainnya untuk membuat tiruannya. Ide yang ditawarkan oleh generasi 4004 dan 8008, telah diwujudkan berupa Intel 8080 sebagai sebagai sebuah mikroprosesor idaman banyak penggunanya.
Pada tahun 1976 Intel memperkenalkan dua jenis prosesor baru secara berurutan, yaitu Intel 8085 yang diluncurkan pada bulan Maret disusul Intel 8086 pada bulan Juni. Angka “5″ di nama kode “8085″ berasal dari ciri khas prosesor ini yang hanya membutuhkan daya sebesar 5 volt, cukup rendah jika dibandingkan dengan prosesor sebelumnya yang membutuhkan daya kombinasi daya hingga 12 volt. Tipe Intel 8085 sangat pas digunakan sebagai mikrokontroler dibandingkan penggunaan sebagai prosesor. Dalam salah satu aplikasi misi NASA pada awal tahun 2000-an disebutkan telah memberdayakan mikrokontroler Intel 8085.
Sebagai peningkatan 8085, Intel merilis versi 8086 yang serupa, namun telah dengan lebar data bus 16 bit. Arsitektur Intel 8086 ternyata kurang digemari oleh perancang PC sebelum ia ditingkatkan ke versi mikriprosesor Intel 80286.
Untuk mengantisipasi kebutuhan PC, pada bulan Juni 1979 Intel meluncurkan tipe 8088, yang juga menjadi chipset pertama untuk khusus digunakan di sektor ini. Pilihan 8088 didasarkan atas pertimbangan nilai ekonomis.
Gambar
Selanjutnya, Intel 80286, yang sering kali disebut 286, adalah chip pertama yang bisa benar-benar disebut “prosesor”. Chip inilah yang memperkenalkan kemampuan untuk multitasking, menjalankan beberapa program sekaligus. Kelebihan ini tidak terasa saat sistem operasi yang digunakan masih DOS, namun sistem operasi yang dikembangkan setelahnya, seperti Windows, benar-benar merasakan nilai lebih dari kemampuan ini.
Intel mulai memproduksi 80386 dari keluaga mikroprosesor ini pada bulan Oktober 1985. Namun chip yang sering kali disebut dengan nama i386 itu belum dijual bebas hingga awal tahun 1986. Tipe i386 yang dikenal baik sampai hari ini, merupakan set chip pertama yang memenuhi semua persyaratan mendasar untuk menjalankan sistem operasi modern seperti Windows dan Linux.
Didorong oleh keinginan untuk mendisain chipset yang lebih terjangkau, Intel kemudian meluncurkan tipe 80486 pada tahun 1989. Sistem yang menggunakan CPU Intel 80486 menunjukkan kinerja yang lebih baik, lebih cepat. Dengan tersedianya 80486, pengguna PC mulai bisa menjalankan program dengan “klik”, tanpa perlu mengetikkan perintah satu per satu. Chipset ini juga mendukung tampilan layar berwarna dan dioperasikan relatif cepat.
Seiring dengan pertumbuhan perusahan semikonduktor ini, Intel aktif mendisain serangkaian mikroprosesor baru secara beruntun, dengan kinerja yang ditingkatkan. Pada tanggal 2 Maret 1992, Intel meluncurkan 486DX2 dengan kemampuan ganda sehingga kemampuan operasional CPU pun bisa jauh lebih tinggi.
Pada tahun berikutnya, prosesor Intel Pentium diperkenalkan pada tanggal 22 Maret 1993. Menggunakan tipe Pentium, tersedia kinerja uang cukup sebagai prosesor untuk misalnya lebih mudah memadukan data-data real berupa suara, tulisan tangan dan foto. Merek dagang Pentium pun dengan cepat mendunia dan hingga kini masih dirasakan keberdaannya.
Kejayaan Pentium dilestarikan dengan peluncuran Intel Pentium Pro pada musim gugur 1995. Disain mikroprosesor ini ditargetkan untuk menjawab tuntutan dunia bisnis pada perkatoran dan sebagai sebuah stasiun kerja enjinering.
Gambar
Memenuhi keinginan pasar, Intel mulai menciptakan prosesor unik untuk segmen pasar yang spesifik. Pentium II Xeon yang hadir pada tahun 1998 mengandung inovasi teknis yang dirancang khusus untuk mengakomodasi kebutuhan komputer server, disamping untuk menjalankan program-program bisnis yang membutuhkan kinerja lebih baik untuk proses seperti mengakses internet dan penyimpanan pada basis data.
Untuk pangsa pasar yang spesifik lainnya, Intel meneruskan mengembangkan prosesor tipe khusus, dan pada tanggal 4 Januari 1999 meluncurkan Intel Celeron untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap CPU dengan harga lebih terjangkau. Prosesor ini menyediakan kemampuan dengan rasio kinerja dan harga yang baik dan kompetitive untuk digunakan menjalankan game dan program-program pendidikan.
Menyusul satu bulan setelahnya, pada tanggal 26 Februari 1999, Intel meluncurkan Intel Pentium III dengan kemampuan lebih ditingkatkan untuk pengolahan gambar, 3D, audio dan video. Prosesor ini dirancang khusus untuk membuat pengalaman berinternet menjadi lebih nyaman, membuat pangguna bisa menelusuri lorong-lorong museum maya, dan mengunduh video berkualitas lebih tinggi.
Pada tahun yang sama Intel juga meluncurkan Intel Pentium III Xeon, sebagai pengembangan dari Intel Pentium III, namun ditargetkan melebarkan sayapnya pada segmen pasar server. Prosesor ini memadukan kinerja tambahan untuk aplikasi e-Commerce dan program-program bisnis yang lebih canggih, termasuk aplikasi multimedia dan streaming video.
Intel kembali meluncurkan prosesor terbarunya pada tanggal 3 Januari 2001 berupa prosesor Pentium IV dengan kecepatan 1.3 GHz. Menggunakan prosesor Pentium IV, para pengguna PC diberikan kemampuan yang memungkinkan pembuatan film berkualitas profesional, melalui internet mengirimkan video berkualitas TV, berkomunikasi menggunakan video dan suara secara instan, mengontrol rendering grafis 3D lebih baik, mengubah musik menjadi file yang bisa diputar di Mp3 player, dan menjalankan beberapa program multimedia secara simultan sementara terhubung ke internet. Andaikan peningkatan kinerja dapat dibandingkan seperti pada industri penerbangan, maka waktu yang diperlukan untuk melintasi jarak yang sama, misalnya antara San Francisco menuju New York (lebih dari 4.000 mil), yang biasanya di tempuh dalam waktu 6.5 jam, kini bisa ditempuh dalam waktu hanya 13 detik!
Pada tahun yang sama diluncurkan tipe Pentium IV Xeon yang ditagetkan untuk komputer kelas menengah berkinerja tinggi. Menggunakan mikroprosesor ini, pengguna bisa memilih sistem operasi yang mereka inginkan, dengan harga lebih terjangkau. Tergantung program yang dijalankan di komputer yang dioperasikan menggunakan Intel Xeon, akan menuai peningkatan kinerja antara 30% hingga 90% lebih baik dibandingkan yang ditawarkan adiknya Pentium III Xeon. Pentium IV Xeon menggunakan arsitektur NetBurst yang dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan aplikasi video dan audio, teknologi internet yang lebih canggih dan grafis 3D yang lebih kompleks.
Selanjutnya, pada tahun 2002, Intel meluncurkan Prosesor Intel Pentium M, yang merupakan salah satu komponen teknologi mobile Centrino. Teknologi mobile Intel Centrino dirancang khusus untuk komputer portabel dengan perangkat nirkabel tertanam pada komputer laptop berikut beberapa kinerja mobile unggulan. Prosesor tipe ini membuat laptop bisa menjadi lebih ringan, lebih kompak dan beroperasi lebih lama menggunakan batere. Pada tahun yang sama, Intel juga meluncurkan Prosesor tipe Itanium 2. Prosesor ini didisain untuk memberikan kinerja kelas dunia, yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang menuntut kinerja tinggi dengan program-program lebih advance, termasuk untuk transaksi e-Commerce yang aman, database yang sangat besar, serta program-program teknik dan sain yang rumit.
Gambar
Maulai tahun 2006, Intel mengeluarkan tipe prosesor Pentium D, merupakan jajaran mikroprosesor yang menanamkan dua inti (dual core) ke dalam chip-nya. Dua jenis Pentium D yang diedarkan dipasaran adalah Smithfield, yaitu Pentium D dengan inti berbasis Prescott (90 nm), dan Prester, merupakan Pentium D dangan init berbasis Cedar Mill (65 nm). Prosesor Intel Core 2 Duo, diluncurkan pada tanggal 21 Januari 2007 memiliki, baik kinerja komputer maupun efisiensi daya yang ditingkatkan hingga 40% jika dibandingkan dengan Prosesor Intel generasi sebelumnya.
Pada tanggal 11 Agustus 2008, prosesor untuk komputer desktop yang sebelumnya sudah diberi nama Nehalem, secara resmi hadir dengan sebagai Intel Core i7. Nama ini diambil dari identifier i7, yaitu teknologi terbaru yang dihadirkan Intel pada saat itu. Intel Core i7 dengan teknologi proses 45 nm meningkatkan kinerja komputer sekaligus membuat komputer makin hemat energi. Teknologi ini menghasilkan kualitas tampilan gambar yang jauh lebih baik, khususnya saat memutar video definisi tinggi.
Satu tahun kemudian pada tanggal 8 September 2009, Intel meluncurkan Intel Core i5. Sebuah mikroprosesor dengan teknologi turbo boost dan hyper-threading. Turbo boost memberdayakan kemampuan prosesor untuk meningkatkan kecepatan diatas standar hingga panas prosesor secara keseluruhan masih dibawah ambang maksimal dideteksi dengan TDP (Thermal Design Power). Kasus seperti itu biasanya terjadi ketika prosesor menjalankan aplikasi single-threading (seperti game), ketika hanya 1 atau 2 inti yang bekerja. Selama inti lain rehat dan jatah dayanya tidak digunakan, prosesor secara otomatis meningkatkan kecepatan inti yang sedang bekerja. Keunggulan Hyper-Threading akan terasa saat komputer digunakan untuk multi-tasking, khususnya saat menjalan program-program yang membutuhkan tenaga prosesor intensif secara bersamaan. Program yang paling diuntungkan dengan adanya teknologi ini adalah program rendering 3D serta program-program video/audio dan CAD.
Intel Core iSeries diluncurkan pada tanggal 19 Januari 2010. Prosesor ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan individual secara otomatis. Dengan chipset ini laptop maupun PC menjadi lebih cepat kinerjanya dan lebih pintar, sementara tetap hemat energi. Prosesor ini menggabungkan 4 komponen dalam sebuah chip yaitu CPU, prosesor grafis, system agent, dan pengontrol memori. Intel Core iSeries memperbaiki tanyangan konten 3D, game yang umum dan multimedia dengan berkualitas tinggi.
Sepanjang tahun 2011, Intel meluncurkan prosesor bernama Sandy Bridge pada tanggal 6 Januari 2011 yang membawa peningkatan kinerja komputer dalam hal mengelola bandwidth dan data lebih efisien. Pada kuartal kedua 2012, Intel meluncurkan Ivy Bridge yang kinerjanya jauh lebih cepat, seraya memangkas kebutuhan daya. Ship ini adalah yang pertama menggunakan teknologi transistor untuk mengolah grafis 3D yang semuanya dibenamkan dalam sebuah chip. Chip ini ditargetkan untuk digunakan mendukung produk jenis ultrabook yang kompak, karena lagi membutuhkan komponen VGA tambahan.
Gambar
Langkah Intel untuk melahirkan prosesor andal tidak berhenti disitu. Chipset Intel Haswell, diluncurkan pada tahun ini, menjanjikan lompatan raksasa dalam hal effiencey dan kinerja secara keseluruhan. Chipset ini memanfaatkan arsitektur baru yang dirancang dan diproduksi menggunakan proses 22nm.
Chip Haswell akan memiliki 3 status pengendalian daya, dibandingkan hanya dua pada Ivy Bridge pendahulunya, yaitu aktif, tidur, dan Idle aktif. Intel mengklaim penghematan daya meningkat 20x dibandingkan generasi chip sebelumnya.
Prosesor Core generasi ke 4 ini akan mampu mendukung Ultra HD display yang dikenal sebagai 4K dengan kejelasan empat kali lebih baik daripada HD yang ada saat ini. 4k memiliki lebih dari 8 juta piksel individu (3.840 x 2.160) dibandingkan dengan sekitar 2 juta pada HD (1.920 x 1.080).
1.Ihwal Berdirinya Perusahan Intel
Pada tahun 1968, Robert Noyce dan Gordon Moore adalah dua insinyur bahagia bekerja pada Perusahaan Semikonduktor Fairchild yang memutuskan hengkang untuk membangun perusahaan mereka sendiri di saat banyak karyawan Fairchild melakukan yang serupa dan membuat start-up. Semua mantan karyawan Fairchil seperti Noyce dan Moore mendapatkan julukan “Fairchildren”.
Robert Noyce hanya mengetik satu halaman yang menjelaskan ide-nya tentang apa yang ia ingin lakukan dengan perusahaan barunya, dan hal itu ternyata cukup untuk meyakinkan kapitalis ventura Art Rock di San Francisco untuk mendukung usaha baru dari Noyce dan Moore. Rock kemudian menyertakan modal sebesar US $ 2,5 juta dalam waktu kurang dari 2 hari dengan menjual obligasi konversi.
Pada tahun 1969 Intel merilis produk perdananya berupa RAM statik 1101, merupakan MOS (metal oxide semi-conductor) pertama di dunia. Produk pernama yang menghasilkan uang juga dirilis pada tahun 1969, berupa Schottky bipolar 64-bit static random access memory (SRAM) 3101. Satu tahun kemudian pada tahun 1970, Intel memperkenalkan memori chip DRAM 1103, sebelum perusahan ini membidani mikroprosesor pertama pada tahun 1971.











http://4.bp.blogspot.com/_miLcXX91qZg/TSQejgxdwBI/AAAAAAAAAKI/veX5LZTfftc/s200/amd+aja.jpg

Mungkin processor AMD sudah tidak asing lagi di dunia IT, berikut ini yang saya akan menjelaskan akan sejarah perkembangan Processor AMD, akan tetapi sebelum sampai pada sejarah perkembangannya saya akan menjelaskan akan apa itu processor AMD.
AMD adalah singkatan dari (Advanced Micro Devices) yang merupakan salah satu jenis processor yang dipakai hingga saat ini. AMD merupakan sebuah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis diSunnyvale,
dan memproduksi produk yang utama termasuk mikroprosesor, chipset motherboard, embedded prosesor kartu grafis (GPU) dan prosesor untuk server, workstationdan komputer pribadi (PC), dan juga teknologi prosesor untuk perangkat genggam, televisi digital, mobil, konsol game, dan aplikasi lainnya yang terdapat suatu sistem.


Pada sejarah perkembangannya memiliki 9 jenisnya yaitu dimulai dari;

 
1.AMD K5
AMD K5 awalnya dibuat supaya dapat bekerja pada semua motherboard yg mendukung Intel. Jadi motherboard yg mendukung Intel akan mendukung pula AMD K5. Pada waktu itu tidak semua motherboard dapat langsung mengenali AMD dan harus dilakukan Upgrade BIOS untuk bisa mengenali AMD.  

2. AMD K6
Prosesor AMD K6 merupakan prosesor generasi ke-6 dengan peforma yang tinggi dan dapat diinstalasi pada motherboard yg mendukung Intel Pentium. AMD K6 sendiri masih dibagi lagi modelnya nya yaitu : AMD K6, AMD K6-2, AMD K6-III dan dari seluruh modelnya yang membedakan hanya kecepatan CPU Clock dan Micron Processnya.

3. AMD Duron
AMD Duron merupakan generasi ketiga dari perkembangan processor AMD. Dan juga merupakan jenis prosesor yang murah dan terjangkau dan dikenal pada tahun 2000. AMD Duron juga tidak kalah hebat dengan AMD Athlon yang memliki kinerja processor hampir sama hanya beda 7%-10%  lebih tinggi AMD Athlon sedikit. Akan tetapi pada saat ini AMD sudah menghentikan produksi akan processor jenis AMD Duron.

4. AMD Athlon
AMD Athlon merupakan pengganti dari mikroprosesor seri AMD K6. Dan sedikit demi sedikit ingin menggeser Intel sebagai pemimpin pasar industri mikroprosesor. Dikarenakan keunggulan yang dimiliki Oleh AMD Athlon jenis prosesor ini dapat mengungguli Intel Pentium III Katmai danbahkan jenis terbaru dari intel yaitu Pentium III Coppermine. Prosesor jenis ini juga dapat dijadikan sebagai prosesor untuk system multiprosesor seperti halnya prosesor generasi keenam intel (P6). Dengan menggunakan chipset AMD 750 MP (Iron Gate) dan AMD 760 MPX, prosesor AMD dapat mewujudkan computer yg memiliki dua prosesor AMD Athlon.

Model-Model dan Spesifikasi AMD Athlon ;
•    Athlon Classic :
Kecepatan proses 100 MHz double-pumped
Vcore: 1.6 V (K7), 1.6 – 1.8 V (K75)
Keluar pertama 23 Juni 1999 ( K7 ), 29 Nopember 1999 ( K75 )
Clock-rate 500-700 MHz ( K7 ), 550-1000 MHz (K75)

•    Athlon Thunderbird (180nm)
Keluar pertama 5 juni 2000
Berhasil menyaingi Intel Pentium III
MMX 3DNOW!
Boros Daya dan Suhu Tinggi
Kecepatan 700-1400 MHz

•    Athlon XP ( eXtrime Power ) ( 130 nm)
Banyak orang mempersepsikan setara dengan Intel Pentium 4
Kompatibel RAM : DDR/SDRAM 100, 133, 166, 200 Mhz
Instruksi Prosesor : 3D NOW! – Intel x86 Compatibility Intel MMX – SSE dan SSE2
Rating/clock speed yang tersedia : 1500+ s/d 200+ ; 2200+ s/d 3000+ ; 3200+

•    Palomino ( 180nm )
Keluar pertama 9 Oktober 2001
MMX, 3DNOW! , Streaming SMID Extension / SSE
Clockrate: 133 – 1733 MHz ( 1500+ s/d 2100+ )

•    Thoroughbred A/B ( 130 nm )
Keluar pertama 10 Juni 2002 ( A ), 21 Agustus 2002 ( B)
MMX, 3DNOW!, Streaming SMID Extension / SSE
Soket A
Clock Rate : T-Bred “A” : 1400-1800 ( 1600+ s/d 2200+ )
T-Bred “B” : 1400-2250 ( 1600+ s/d 2800+ )
266 MT/s FSB:1400-2133 MHz ( 1600+ s/d 2600+ )
333 MT/s FSB: 2083 – 2250 MHz ( 2600+ s/d 2800+ )

•    Thorton (130nm)
Keluar pertama September 2003
MMX, 3DNow, Streaming SMID Extension / SSE
Clockrate: 166-2200 MHz ( 2000+ s/d 3100+)

5. AMD Athlon 64
Prosesor ini memiliki 3 variant socket bentuk yg berbeda yaitu socket 754, 939, dan 940. Socket 754 memiliki kontroler memori yg mendukung penggunaan memori DDR kanal tunggal. Socket 939 memiliki kontroler memori yg mendukung memori kanal ganda. Prosesor ini merupakan prosesor pertama yg kompatibel terhadap komputasi 64bit. Prosesor ini menggunakan teknologi AMD 64 yg bisa bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit.

6. AMD Athlon 64 FX
Prosesor ini memiliki 3 karakter penting :
1.    Dapat bekerja pada system operasi dan aplikasi 32 bit maupun 64 bit dengan kecepatan penuh

2.    Menawarkan perlindungan virus yg disebut Ehanced Virus Protection ketika dijalankan diatas platform Windows XP Service Pack 2 (SP2) maupun Windows XP 64 Bit edition.

3.    System PC yg berbasis AMD Athlon 64 FX sangat cocok bagi para pengguna PC yg antusias, penggemar olah Video-Audio (multimedia) dan para pemain Game.

Fitur-fitur lain :
1.    3DNow! Professional+SSE 2 Instruction
2.    HyperTransport Technology
3.    On-Die cache memory sebesar 1152KB (dengan rincian 128KB untuk L1 dan 1024 KB untuk L
4.    Jenis-jenis AMD Athlon 64 FX
5.    AMD Athlon FX 51, AMD Athlon FX 53, AMD Athlon FX 57

7. AMD Sempron
Prosesor ini adalah sebuah jajaran prosesor yg diperkenalkan oleh AMD pada tahun 2004 sebagai pengganti prosesor AMD Duron dipasar computer murah, untuk bersaing dengan prosesor Intel Celeron D. AMD Sempron terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
1.    AMD Sempron soket A
2.    AMD Sempron Soket 754
Versi soket A dari AMD Sempron adalah varian dari Sempron yg dibuat berdasarkan prosesor AMD Athlon XP Thoroughbred, karena pada saat itu AMD memang telah meluncurkan prosesor untuk pasar High-End AMD Athlon 64.
AMD Sempron soket 754 adalah prosesor Sempron yg dibangun diatas arsitektur AMD64 demi meningkatkan kinerja yg dimilikinya.
AMD Sempron memiliki kode nama Palermo yg sama seperti AMD Sempron soket A. Tetapi beberapa seri AMD Sempron fitur 64bit tidak diaktifkan sehingga hanya dapat mengeksekusi instruksi 32bit saja. Seperti halnya AMD Athlon 64 prosesor ini dilengkapi dengan satu buah link HyperTransport yg dapat dikoneksikan ke chipset motherboard.

8.AMD 64 X2 Dual Core
Prosesor ini dapat menyaingi akan yang dikembangkan Intel dengan prosesor Core Duo nya. Tetap berbasis teknologi 64 bit, prosesor ini ditujukan bagi kalangan pengguna media digital yg intensif.
Fitur lainnyta yaitu dilengkapi dengan teknologi seperti HyperTransport yg mampu meningkatkan kinerja system secara keseluruhan dengan menyingkirkan bottlenecks pada level input output, meningkatkan bandwith, mengurangi latency system. Pendekatan yg digunakan disini adalah kontroler memori DDR yang sepenuhnya terintegrasi sehingga membantu mempercepat akses ke memori, dengan menyediakan jalur dai prosesor langsung ke memori utama. Hasilnya, bisa menikmati loading aplikasi yg lebih cepat dari performa aplikasi yg lebih meningkat.

9. AMD Opteron
Prosesor ini 64 Bit yg dirilis untuk pasar workstation dan server pada tahun 2003.
Fitur-fitur yang dimiliki :
1.    Cahche level-1 sebesar 128 KB yg terbagi ke dalam data chache 64 KB dan instruction cache 64 KB.
2.    Chache level-2 sebesar 1024 KB
3.    Kecepatan dari 1400 MHz – 3000MHz
4.    Memiliki 3 buah link HyperTransport dengan kecepatan 3200 Mbit/s
5.    Mampu mengakses memori fisik hingga 1 terabyte
6.    Tersedia dalam single-core, dual-core, quad-core
Prosesor ini untuk menandingi prosesor Intel Xeon di pasar Workstation dan Itanium dipasar High-End. Dibanding Intel Xeon yg berbasis mikroarsitektur Intel Netburst, AMD Opteron ini dapat dibilang menang telak dilihat dari kinerja yg ditunjukkan tiap watt yg digunakan (performance/watt), akan tetapi belum dapat menandingi efisiensi akan prosesor Intel Itanium.
AMD juga akan meluncurkan AMD Opteron Quad Core di tahun 2008, prosesor AMD Opteron Quad Core menggunakan 4 inti mampu mendukung DIMM dan menambahkan
satu level L3-Chache.





















D.Jenis – Jenis Processor intel
http://4.bp.blogspot.com/-L-F9XSCf3j0/UZHimRmH_dI/AAAAAAAAA2s/8jkhsSmuqLc/s1600/intel.jpg

                                       2000: Intel® Pentium® 4 Processor

 

 

http://3.bp.blogspot.com/-xExcrrKD4OA/UZHjGyDqOhI/AAAAAAAAA20/6Sl_WNmYqrM/s1600/pentium+4.jpg

2000: Intel® Pentium® 4 Processor

 

Intel mengeluarkan prosessor dengan tipe Intel® Pentium® 4 Processor. Processor Pentium IV merupakan produk Intel yang kecepatan prosesnya mampu menembus kecepatan hingga 3,06 GHz. Pertama kali keluar processor ini berkecepatan 1.5 GHz dengan form factor pin 423, setelah itu intel merubah form factor processor Intel Pentium 4 menjadi pin 478 yang dimulai dari processor Intel Pentium 4 berkecepatan 1,3 GHz sampai yang terbaru yang saat ini mampu menembus kecepatannya hingga 3,4 GHz.

2001: Intel® Xeon® Processor

http://1.bp.blogspot.com/-SyD_BvXnKE8/UZHjjwlzGnI/AAAAAAAAA28/lbizck5DkVg/s1600/intel+xeon.jpg


 

Processor Intel Pentium 4 Xeon merupakan processor Intel Pentium 4 yang ditujukan khusus untuk berperan sebagai computer server. Processor ini memiliki jumlah pin lebih banyak dari processor Intel Pentium 4 serta dengan memory L2 cache yang lebih besar pula.

2001: Intel® Itanium® Processor

http://4.bp.blogspot.com/-7h4LPcdvgXY/UZHl1ImYMoI/AAAAAAAAA3c/308beqOwhXc/s1600/itanium.jpg

Itanium adalah processor pertama berbasis 64 bit yang ditujukan bagi pemakain pada server dan workstation serta pemakai tertentu. Processor ini sudah dibuat dengan struktur yang benar-benar berbeda dari sebelumnya yang didasarkan pada desain dan teknologi Intel’s Explicitly Parallel InstructionComputing ( EPIC ).

2002: Intel® Itanium® 2 Processor

http://2.bp.blogspot.com/-hX6Kmsv5SfE/UZHk0TeCJMI/AAAAAAAAA3Q/4LzySQKYRfo/s1600/itanium+intel.jpg

 

Itanium 2 adalah generasi kedua dari keluarga Itanium.

2003: Intel® Pentium® M Processor

http://2.bp.blogspot.com/-ZUQSnBi8zJA/UZHmglpsqYI/AAAAAAAAA3k/_6abi8Jyayg/s1600/pentium+m.jpg

 pentium M

Chipset 855, dan Intel® PRO/WIRELESS 2100 adalah komponen dari Intel® Centrino™. Intel Centrino dibuat untuk memenuhi kebutuhan pasar akan keberadaan sebuah komputer yang mudah dibawa kemana-mana.


2004: Intel E7520/E7320 Chipsets

http://3.bp.blogspot.com/-Il4xCvBTQgo/UZHpR0irEgI/AAAAAAAAA30/u7r65QcgiG4/s1600/INTEL+CHIPSET.jpg

Intel chipsets

 

7320/7520 dapat digunakan untuk dual processor dengan konfigurasi 800MHz FSB, DDR2 400 memory, and PCI Express peripheral interfaces.


2005: Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz

http://1.bp.blogspot.com/-SPgrJZERFWg/UZHpi5SEeuI/AAAAAAAAA38/GM1Apvj1FrI/s1600/PENTIUM+4+EDISION.jpg

intel extreme edition 4

 

Sebuah processor yang ditujukan untuk pasar pengguna komputer yang menginginkan sesuatu yang lebih dari komputernya, processor ini menggunakan konfigurasi 3.73GHz frequency, 1.066GHz FSB, EM64T, 2MB L2 cache, dan HyperThreading.

2005: Intel Pentium D 820/830/840

http://2.bp.blogspot.com/-Q0dkOXxcoVI/UZHpyOWDygI/AAAAAAAAA4E/iv-kt4sAUbE/s1600/PENTIUM+D.jpg

intel pentium D


Processor berbasis 64 bit dan disebut dual core karena menggunakan 2 buah inti, dengan konfigurasi 1MB L2 cache pada tiap core, 800MHz FSB, dan bisa beroperasi pada frekuensi 2.8GHz, 3.0GHz, dan 3.2GHz. Pada processor jenis ini juga disertakan dukungan HyperThreading.

9 Agustus 2006: Intel Core 2 Duo

http://3.bp.blogspot.com/-5ToXyTrafyQ/UZHp_FYjj4I/AAAAAAAAA4M/g3Oql0_xEdE/s1600/CORE+2+DUO.jpg

Intel core 2 duo

 

Prosesor-prosesor Intel Core 2 Duo dibangun di beberapa fasilitas manufaktur bervolume tinggi dan canggih di dunia menggunakan proses berteknologi silikon 64-nanometer dari Intel. Intel Corporation meluncurkan prosesor Intel Core 2 Duo yang ditujukan bagi PC dan workstation desktop dan laptop consumer dan bisnis – prosesor dengan teknologi yang dapat menghasilkan kinerja lebih, konsumsi daya lebih kecil, serta keleluasaan pemakaian bagi para penggunanya. “Prosesor-prosesor Core 2 Duo adalah prosesor-prosesor terbaik di dunia,” kata Paul Otellini, Presiden dan CEO Intel. “Terakhir kali industri melihat inti komputer dibuat kembali seperti ini adalah ketika Intel memperkenalkan prosesor Pentium. Prosesor Core 2 Duo desktop berisi 291 juta transistor namun hanya mengkonsumsi daya 40 persen lebih sedikit dan tetap dapat menghasilkan kinerja yang dibutuhkan bagi aplikasi-aplikasi masa sekarang dan mendatang.” Keluarga prosesor yang sudah ditunggu-tunggu ini telah memiliki dukungan luas dengan lebih dari 550 rancangan sistem para manufaktur komputer – paling banyak dalam sejarah Intel. Dengan kekuatan dua inti, atau mesin komputasi, prosesor-prosesor ini bisa mengerjakan banyak pekerjaan dengan lebih cepat. Prosesor-prosesor ini juga bisa bekerja tanpa masalah saat menjalankan lebih dari satu aplikasi, seperti membuat e-mail ketika sedang men-download musik atau video dan melakukan scan virus. Chip-chip inti-ganda ini juga meningkatkan performa beragam aplikasi seperti melihat dan memainkan video definisi tinggi, melindungi PC dan aset-asetnya selama transaksi e-commerce, dan memungkinkan umur batere yang lebih baik untuk notebook-notebook yang lebih ramping dan ringan. Prosesor-prosesor Intel Core 2 Duo memiliki banyak inovasi tingkat lanjut,seperti:

        Intel Wide Dynamic Execution – Meningkatkan kinerja dan efisiensi. Masing-masing inti bisa menyelesaikan hingga empat instruksi penuh secara bersamaan menggunakan sebuah pipeline 14-tahap yang efisien
        Intel Smart Memory Access – Meningkatkan kinerja sistem dengan menyembunyikan latency memori, yang kemudian mengoptimalkan penggunaan bandwidth data komputer yang tersedia untuk menyediakan data ke prosesor ketika dibutuhkan
        Intel Advance Smart Cache – Memiliki sebuah cache atau cadangan memori L2 yang berbagi untuk mengurangi daya dengan meminimalkan “lalu lintas” memori tapi meningkatkan kinerja dengan memungkinkan satu inti untuk menggunakan seluruh cache ketika core yang lain sedang tidak bekerja. Hanya Intel yang menyediakan kemampuan ini di seluruh segmen
        Intel Advanced Digital Media Boost – Secara efektif menggandakan kecepatan eksekusi untuk instruksi-instruksi yang banyak digunakan di aplikasi-aplikasi multimedia dan grafis
        Intel 64 Technology – Penambahan ke arsitektur Intel 32-bit ini mendukung komputasi 64-bit, termasuk memungkinkan prosesor untuk mengakses memori yang lebih besar
        Intel Dynamic Power Coordination – Mengkoordinasikan transisi-transisi Enhanced Intel SpeedStep® Technology dan tahap manajemen daya idle (C-states) secara independen per inti untuk membantu mengirit daya
        Intel Dynamic Bus Parking – Memungkinkan penghematan daya dan umur batere yang lebih baik dengan memungkinkan chipset untuk menurunkan daya bersama dengan prosesor dalam modus frekuensi rendah
        Enhanced Intel Deeper Sleep dengan Dynamic Cache Sizing – Menghemat
daya dengan “menguras” data cache ke memori sistem selama periode ketidak-aktifan untuk menurunkan voltasi prosesor.

17 Agustus 2008: Intel Core 2 Extreme Quad Core

Intel mengeluarkan produk terbarunya yaitu prosessor tipe Intel Core 2 Extreme Quad Core. Produk terbarunya tersebut diberi nama Core 2 Extreme QX9300 processor dengan fitur 45W TDP dan memberikan perhatian khusus pada sisi pendingin atau cooling system. The New Intel Core 2 Extreme QX9300 ini memiliki Core clock set pada 2.53GHz dan mengusung FSB atau Front Side Bus sebesar 1066 serta memiliki cache memory sebesar 12MB. Acara peluncuran prosesor quad core ini hanya 2hari sebelum jadwal IDF 2008 dimulai. Untuk masalah harga, The New Core 2 Extreme ini memberikan fasilitas yang cukup menjanjikan namun harga yang ditawarkan relative murah untuk kemampuan sebuah processor yang luar biasa. Adapun harga untuk mobile processor ini berkisar $1038 dimana pihak Intel telah melakukan sedikit kesepakatan untuk menentukan harga dari processor QX9300 ini. Sebagai perbandingan, Dual Core Mobile Chip dengan fitur sejenis yaitu clock speed sebesar 2.53Ghz dengan harga $340, namun kinerja nya 3x lebih lambat jika dibandingkan dengan QX9300. Tentu saja jika ingin menyamai QX9300 maka penggunanya akan membayar harga yang lebih mahal. Berdasarkan sumber lain dari tim pengembang Quad Core, pengembangan pun akan dilakukan untuk merambah pangsa pasar desktop.

Intel Core 2 Quad Q8200

Intel juga merilis jenis prosesor lain yaitu dengan nama Core 2 Quad Q8200. Prosesor ini memiliki Core clock sebesar 2.33GHz dan direncanakan untuk diperkenalkan pada bulan Agustus tepatnya tanggal 31. Processor ini memiliki FSB atau front side bus sebesar 1333 dan besar cache memory 4MB. Berdasarkan keterangan pihak Intel, harga untuk prosesor ini yaitu sebesar $224, dimana ini merupakan harga pasti dan pihak Intel telah memproduksi ribuan unit prosesor ini untuk dipasarkan secara luas. Sehingga Q8200 ini menjadi processor termurah dikelas quad core processor yang mengusung teknologi 45nm fabrication technology line. Processor Q9300 dengan core clock 2.5GHz dan Processor Q9400 dengan clock 2.66GHz dipasarkan dengan harga $266.

Core i3

http://1.bp.blogspot.com/-GnEeNjpgMq4/UZHtJz0DBBI/AAAAAAAAA4c/_u7en4FEYFo/s1600/CORE+I3.jpg

intel core i3

 

Core i3 530 berjalan pada 2.93GHz dan tidak memiliki fitur turbo mode. Core i3 530 akan berjalan pada 1.33GHz pada frekuensi terendah, dan tidak lebih cepat daripada 2.93GHz pada full load. Fitur turbo boost yang hilang merupakan pengorbanan, karena 530 masih memiliki 4MB L3 cache dibagi antara kedua core.

 

Core I5

 

http://3.bp.blogspot.com/-MqF3Yzcs3Vo/UZHtWDcz0jI/AAAAAAAAA4k/abo5SxmngsE/s1600/core+i5.jpg

core i5

Uncore i5 berjalan pada clock 2.13GHz, turun dari 2.40GHz. Kinerja yang harus terluka sedikit dibandingkan dengan simulasi Intel Core i3. Selain Turbo Boost hal lain yang Anda korbankan adalah AES acceleration.Westmere’s AES (AES-NI) menonaktifkan-nya pada semua jenis Intel Core i3. Harus ada beberapa alasan bagi pengguna untuk memilih i5 sebagai gantinya.

Intel Core i7

http://2.bp.blogspot.com/-TuvCkPDezSo/UZHtl-pqe8I/AAAAAAAAA4s/XSyxySRXVGI/s1600/core+i7.jpg

core i7intel

 

Intel Core i7 menjadi tak terkalahkan di versi laptop dan desktopnya semenjak kemunculan Core pocessors di 2006. Core arsitektur kini ditantang oleh processors AMD kelas tinggi. Dengan Phenom nya, AMD berusaha raih pangsa pasar dengan strategi harga murahnya. Kini AMD harus extra waspada. Pasalnya Intel telah keluarkan Core terbarunya yakni Core i7 dengan chipset X58. Core i7 akan hadir dengan 3 rasa: Core i7-965 Extreme Edition, Core i7-940, dan Core i7-920. Semua processors tersebut hadir dengan 4 cores, Hyper-Threading, 8MB dengan L3 cache memory. Mereka dibuat dengan teknologi manufaktur 45nm. Semua processors tersebut akan berjalan di 1066MHz. Di seri 965 Extreme Edition (EE) akan berjalan pada kecepatan 3,2 GHz .Semu seri EE ini akan mudah untuk di overcloack. Arsitektur baru Intel ini dilengkapi soket LGA 1366. Sayang Soket LGA 775 terdahulu yang suport untuk CPU Core 2, kini sudah tidak kompatibel bagi Core i7.

Core i9

http://1.bp.blogspot.com/--PgXi8oUEL0/UZHtyTXXWWI/AAAAAAAAA40/9wkryqPjxCg/s1600/core+i9.jpg

intel core i9

 

Core i9 adalah processor terbaru intel, dengan spesifikasi memiliki 6 core dengan kecepatan 2.8 Ghz dengan L2 256KB X 6 dan L3 12MB. Procesor Gulftown ternyata lebih hemat power dibanding Corei 7 dan Core 2 Quad pada kecepatan yang sama. Tidak itu saja, Core i9 lebih dingin hampir 8 derajat dibandingkan Core 2 Quad, Core i5 dan Core i7. Untuk gaming kelas FPS, Core i9 memiliki angka relatif. Test benchmark game FarCry 2 dan Unreal Tournament dipegang oleh Core i9, disusul Core i7, Corei 5, Core 2 Quad dan terakhir Phenom II X4. Game Left 4 Dead unggul oleh Core i5, diisusul Core 2 Quad, Phenom II X4, Core i9 (Gulftown) dan terakhir Core i7.


Prosesor untuk laptop sangat berbeda dengan Prosesor untuk Komputer PC (Desktop) biasa. Perbedaan sangat kentara dalam segi pemakaian daya (power) dimana Prosesor Laptop didesain untuk mengkonsumsi daya seminimal mungkin dan seefektif mungkin, mengingat Laptop tidak selamanya terhubung ke sumber listrik, tapi tanpa mengorbankan segi performa. Dalam arti lain, Prosesor Laptop dibuat agar bisa menghemat konsumsi daya, tapi dengan performa yang baik.

Saat anda akan membeli sebuah laptop, ada baiknya cek dan re-chek dulu Prosesor yang tertanam di laptop tersebut, karena perbedaan prosesor akan sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja dan konsumsi daya dari laptop tersebut. Dan berikut ini petunjuk singkat tentang berbagai jenis prosesor laptop, yang sesuai dengan peruntukkannya.

Laptop Kelas Ekonomi
Laptop kelas ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan dan fungsi berkomputer secara portabel (mobile) tapi dengan rentang harga yang relatif terjangkau alias low cost. Prosesor yang digunakan pada Laptop kelas ekonomi,
didesain untuk mampu melakukan aktivitas standar berkomputer, seperti menulis laporan, browsing, memutar lagu sampai kepada memutar dvd (film). Satu hal yang menjadi kekurangan Prosesor untuk laptop kelas ini, adalah tidak akan mampu memainkan dan menjalankan game maupun aplikasi grafik terkini dengan sempurna dan performa yang terbaik. Beberapa contoh Prosesor untuk kelas ini adalah :
  • AMD Athlon X2 QL-60
  • AMD Athlon 64 X2 TK-57
  • AMD Turion 64 X2 RM-72
  • AMD Turion 64 X2 TL-60
  • AMD Turion X2 Ultra ZM-82
  • Intel Core 2 Duo P7350
  • Intel Core 2 Duo T5800
  • Intel Core 2 Duo T7300
  • Intel Core 2 Duo T8200
  • Intel Pentium Dual-Core T3400
UltraPortables
Laptop kelas ini didesain untuk orang yang mobile, alias orang yang sering bepergian, dimana dia tidak selalu terhubungan dengan sumber daya (listrik) dan menginginkan sebuah system yang tidak terlalu boros dalam mengkonsumsi daya. Makanya laptop jenis ini, terkadang ‘mengkorbankan’ beberapa fitur maupun aksesoris tambahan pada laptop, seperti tanpa ada DVD Player. Singkatnya UltraPortables laptop, dibuat hanya untuk kebutuhan yang sangat mendasar dalam berkomputer, seperti untuk menulis laporan, mengirim email atau sekedar untuk presentase. Beberapa prosesor untuk laptop jenis adalah :
  • AMD Turion 64 X2 TL-66
  • Intel Core 2 Duo L7500
  • Intel Core 2 Duo U7500
  • Intel Core 2 Duo SL9300
  • Intel Core 2 Duo SP9300
  • Intel Core 2 Duo SU9300

Netbooks
Versi yang lebih mini dan lebih murah dari UltraPortables dengan fitur yang telah banyak dihilangkan/ dihapus juga dengan kemampuan prosesor yang sangat terbatas. Beberapa prosesor untuk jenis Netbooks adalah
  • Intel Atom N270
  • Intel Atom Z520
  • Intel Celeron M 900MHz Ultra Low Voltage
  • VIA C7-M
  • VIA Nano L2100
  • VIA Nano U2300

Pengganti Desktop Komputer
Yang satu ini, laptop yang didesain dengan fitur yang lengkap dan memiliki kemampuan yang setara dengan PC Desktop biasa dan sebagai konsekuensi laptop jenis hadir dengan desain yang lebih besar dibandingkan ultraportabel. Bagi anda penggemar games 3D terkini, maka laptop jenis ini cocok untuk anda, dan beberapa prosesor yang sering digunakan pada laptop jenis ini adalah
  • AMD Turion X2 Ultra ZM-80
  • Intel Core 2 Duo T8300
  • Intel Core 2 Duo T9400
  • Intel Core 2 Quad Q9000
  • Intel Core 2 Extreme QX9300

2.Macam-macam Processor pada Android

Seperti halnya PC/laptop, prosesor merupakan komponen paling utama pada tablet Android. Semakin hebat kemampuan sebuah prosesor, tablet juga akan semakin responsif dan cepat. Selain Intel, prosesor tablet umumnya menggunakan arsitektur ARM ( Advanced RISK Machine). Pada umumnya prosesor dengan kecepatan 1GHz ke atas sudah menggunakan arsitektur ARMv7.
Semakin besar kecepatan pada prosesor maka semakin bagus kemampuan tablet tersebut. Hal ini berhububngan dengan versi Android yang digunakan. Pada umumnya tablet Android yang masuk kategori low-end menggunakan prosesor lama dengan kecepatan di bawah 1GHz. Misalnya tablet keluaran merek lokal yang rata-rata memakai chipst prosesor dengan clock speed mulai dari 600 MHz hingga 800 MHz, platform yang digunakan pun kebanyakan masih MTK. Dengan kecepatan seperti ini, dan banyaknya aplikasi yang dijejalkan, membuat kinerja tablet menjadi lemot.
Bila berbicara prosesor itu sendiri, sebenarnya agak sulit menjelaskan perkembangan prosesor yang digunakan oleh tablet Android berdasarkan urutan waktunya. Karena produsen prosesor saling berlomba dalam produksinya. Namun prosesor yang disematkan pada tablet dibagi ke dalam 4 kategori produk yaitu Exynos, OMAP, Tegra, dan Snapdragon.
1. Exynos
Prosesor ini dikembangkan oleh Samsung Electronics. Produk pertamanya dinamakan Exynos 3110 yang sebelumnya dinamakan Hummingbird atau SSPC110. Jenis prosesor terbaru Exynos adalah Exynos 4212 yang dibangun menggunakan CPU ARM Cortex 9 dual core dengan clock antara 1.2 GHz hingga 1.5 GHz. Prosesor ini dilengkapi dengan GPU ARM Mali-400 MP4. Contoh tablet yang menggunakan prosesor ini adalah Samsung Galaxy Tab 7.7 (P6800).
2. OMAP
Prosesor ini diproduksi oleh Texas Instrument. Saat ini Texas Instrument telah mengeluarkan 4 generasi prosesor OMAP yaitu OMAP1, OMAP2, OMAP3, dan OMAP4. Generasi OMAP4 dapat menampilkan tampilan situs di internet seperti tampilan website pada PC serta mendukung video full HD 1080p. Generasi ke lima OMAP baru saja diperkenalkan OMAP5 dengan arsitektur ARM Cortex A 15 dengan clock 2 GHz. Untuk yang menggunakan prosesor TI OMAP ada Samsung Galaxy Tab 2.7.0 (P3110).
3. Tegra
Tegra merupakan produk dari Nvidia. Saat ini terdapat 3 generasi dari prosesor Tegra yakni Nvidia Tegra APX, Nvidia Tegra 2, dan Nvidia Tegra 3. Prosesor Tegra 3 dibangun menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 dengan clock 1.4 GHz dan mampu menampilkan video dengan resolusi hingga 2560×1600 pixel. Di sini, tablet dengan prosesor Tegra adalah LG Optimus Pad, Sony Tablet S Series, Sony Tablet P Series, dan Asus Transformer.
 4. Snapdragon
Prosesor keluaran Qualcomm yang dinamakan Snapdragon ini telah meluncurkan 3 generasi yaitu Snapdragon1, Snapdragon2, dan Snapdragon3. Prosesor Snapdragon single core 1.4 diyakini memiliki performa yang tidak kalah dibanding prosesor dual core pada perangkat lain. Untuk prosesor Qualcomm Snapdragon ini, kebanyakan digunakan oleh tablet branded second layer seperti ZTE Light Tab, Huawei IDEOS S7 Slim serta beberapa tablet merek lokal seperti S Nexian Genius A7500 dan Advan Android.

Mari Mengenal Berbagai Jenis Jenis Prosesor Pada Smartphone
Teknologi saat ini berkembang sangat pesat, terutama dalam dunia mobile. Istilah prosesor yang dulu hanya dikenal di ranah komputer kini juga sudah mulai identik dengan smartphone. Ya, hampir semua smartphone yang ada sekarang ini pasti menggunakan prosesor sebagai dapur pacunya. Oleh karena itu kali ini Paseban akan mencoba membahas jenis-jenis prosesor yang sering digunakan pada smartphone Android dan lainnya.

a).Snapdragon

Jenis-jenis prosesor smartphone yang paling terkenal adalah prosesor dari  Qualcomm, yakni Snapdragon. Qualcomm telah meluncurkan empat generasi dari seri prosesor Snapdragon, yakni Snapdragon S1, Snapdragon S2, Snapdragon S3, dan terakhir Snapdragon S4 yang pertama kali dicicipi oleh Phablet besutan Sony Mobile, Xperia Z Ultra dan diikuti Samsung Galaxy S4.
http://imgsrv1.paseban.com/image/public/bb2013x08x17xx07x03x58xf9bec9f125272d1301071dfffda0df62xfstxupld.jpg
Banyak pihak meyakini bahwa kemampuan prosesor ini lebih bagus jika dibandingkan dengan prosesor lain. Bahkan dalam situs resminya, Qualcomm mengklaim bahwa prosesor Snapdragon single core 1.4 yang dimiliki oleh Nokia Lumia 900 memiliki performa yang tak kalah jika dibandingkan dengan prosesor dual core pada perangkat lain

b).Exynos

Exynos adalah prosesor mobile yang dikembangkan oleh Samsung Electronics. Jenis prosesor Exynos ini merupakan prosesor yang dibangun berbasiskan SoC yang memang dibangun khusus untuk sebuah perangkat mobile semacam smartphone dan tablet.
http://imgsrv1.paseban.com/image/public/bb2013x08x17xx07x05x16x2d10262230729adac0dd26792670caddxfstxupld.jpg

Prosesor Exynos  pertama yang dibangun oleh Samsung adalah Exynos 3110 yang sebelumnya  dikenal dengan nama Hummingbird atau S5PC110. Setelah meluncurkan Exynos 3110, lalu jenis prosesor Exynos terbaru yang diluncurkan oleh Samsung adalah Exynos 4212. Exynos 4212 dibangun menggunakan CPU ARM Cortex A9 dual core dengan clock antara 1.2GHz hingga 1.5GHz.
Prosesor ini juga dilengkapi dengan GPU ARM Mali-400 MP4. Lalu apa kelebihan dari jenis  prosesor ini? Exynos 4212 menawarkan sensasi bermain game 3D, selain itu Anda juga bisa melakukan multitasking pada smartphone dan tablet yang menggunakan prosesor ini. Mengenai konsumsi energi, Exynos 4212 juga menawarkan tingkat efisiensi yang cukup tinggi karena dibangun dengan proses high K Metal Gate 32nm.
Saat ini, Samsung juga tengah mengembangkan tiga prosesor Exynos terbaru yang akan siap terjun ke pasaran dalam waktu dekat. Kedua prosesor tersebut adalah Exynos 4412 prosesor Quad Core dengan clock antara 1.2 hingga 1.5GHz serga Exynos 5250,  prosesor dual core dengan clock 2.0 GHz. Dan yang terakhir adalah  Exynos 5450, prosesor quad core dengan clock 2.0GHz.
c).Omap
Prosesor OMAP merupakan jenis prosesor yang diproduksi oleh Texas Instrument. Saat ini, mereka telah memperkenalkan empat generasi dari prosesor OMAP, yakni OMAP1, OMAP2, OMAP3 dan OMAP4. Prosesor OMAP4 merupakan langkah awal Texas Instrument peluncuran versi dual core dari  prosesor OMAP. Dari OMAP4430, OMAP4460 dan OMAP4470.
http://imgsrv1.paseban.com/image/public/bb2013x08x17xx07x06x22xf61724e690e60e2bfd20df441283d015xfstxupld.jpg
Prosesor OMAP, terutama OMAP4460 juga banyak digunakan oleh smartphone dengan kinerja yang baik. Antara lain adalah Samsung Galaxy Nexus, Huawei Ascend P1 S hingga tablet Archos 101 Turbo (Gen9). Sedangkan untuk prosesor OMAP4470, menurut rencananya akan diluncurkan pada tahun ini. Dengan menggunakan jenis prosesor OMAP4, sebuah smartphone ataupun tablet dapat menampilkan tampilan situs di Internet seperti sebuah tampilan website pada PC. Selain itu, prosesor ini juga menjanjikan UI yang lebih cepat dan konsumsi tenaga yang lebih sedikit. Fitur lainnya, Anda dapat menampilkan video full HD 1080p memakai jasa prosesor OMAP4.
Prosesor ini juga menunjang penggunaan kamera primer hingga 20MP dan  kamera sekunder 12MP. Ternyata, TI juga baru saja memperkenalkan generasi ke lima dari jenis prosesor OMAP. OMP5 yang akan diperkenalkan dalam dua versi, OMAP5430 dan OMAP5432 akan dibangun dengan teknologi semi konduktor 28nm. Penggunaan teknologi ini pun akan semakin meningkatkan efisiensi tenaga dari prosesor. Namun, Anda tidak akan mendapati prosesor Quad Core milik TI. Dua prosesor tersebut merupakan prosesor dengan arsitektur ARM Cortex A15 dengan clock 2GHz.
d).Tegra
Tegra merupakan produk dari Nvidia. Saat ini, terdapat tiga generasi dari prosesor Tegra yakni seri Nvidia Tegra APX, Nvidia Tegra 2, Nvidia Tegra 3 serta Nvidia Tegra 4. Jenis prosesor yang satu ini sempat menggemparkan dunia pada akhir tahun 2011 lalu. Di kala produsen lain sedang memproduksi prosesor dual core, Nvidia memperkenalkan Tegra 3 dengan prosesor Quad Core.
http://imgsrv1.paseban.com/image/public/bb2013x08x17xx07x07x53x056c16bb18cd7ff22e3866f1b01e0ee3xfstxupld.jpg
Prosesor Tegra 3 dibangun dengan menggunakan arsitektur ARM Cortex A9 dengan core maksimum mencapai 1.4GHz. Jenis prosesor ini mampu  menampilkan gambar berkualitas dengan konsumsi energi minimum. Selain itu, Anda juga bisa menampilkan video dengan resolusi hingga 2560×1600 piksel. Saat ini tak banyak tablet maupun smartphone yang menggunakan prosesor ini. Di antaranya adalah Asus Eee Pad Transformer Prime, Lenovo IdeaPad K2 dan Acer Iconia Tab A700.
e).Mediatek
Mediatek merupakan jenis prosesor terakhir yang banyak digunakan pada smartphone. Pada awalnya prosesor ini banyak dikaitkan dengan perangkat kelas dua karena biasanya hanya dipakai oleh vendor-vendor kecil. Namun sekarang prosesor ini sudah mulai banyak dilirik oleh vendor besar, salah satunya adalah Sony yang akan menggunakannya pada smartphone Xperia C. [GAN]
http://imgsrv1.paseban.com/image/public/bb2013x08x17xx07x09x39xe0b6366357790435a4ccb426a4ae9470xfstxupld.png














F.Cara Kerja Processor
Prosesor (CPU disebut, untuk Central Processing Unit) adalah sebuah sirkuit elektronik yang beroperasi pada kecepatan suatu berkat clock internal untuk sebuah kristal kuarsa yang, ketika mengalami sebuah kismis listrik, kirim pulsa, yang disebut “puncak”. Clock speed (juga disebut siklus), sesuai dengan jumlah pulsa per detik, ditulis dalam Hertz (Hz). Dengan demikian, komputer 200 MHz memiliki jam yang mengirimkan pulsa 200.000.000 per detik. Jam frekuensi umumnya merupakan kelipatan dari frekuensi sistem (FSB, Front-Side Bus), yang berarti kelipatan dari motherboard frekuensi.
Dengan setiap puncak jam, prosesor melakukan tindakan yang sesuai untuk sebuah instruksi atau bagian daripadanya. mengukur yang disebut CPI (Siklus Per Instruksi) memberikan representasi dari rata-rata jumlah siklus clock yang diperlukan untuk microprocessor untuk mengeksekusi instruksi. Sebuah microprocessorâ € ™ daya sehingga dapat dicirikan dengan jumlah instruksi per detik yang ia mampu memproses CPI. MIPS (juta instruksi per detik) adalah satuan yang digunakan dan sesuai untuk prosesor dibagi dengan frekuensi.











BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
1.      Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas.
2.      Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan ketik, pemindai, tuas kontrol, maupun tetikus.
3.      Perkembangan processor diawali oleh processor intel pada saat itu hanya satu-satunya microprocessor yang ada. Tetapi pada saat ini sudah banyak beredar processor dari produsen yang lain, sehingga user sudah bisa mendapatkan processor yang beragam.
4.      Dengan setiap puncak jam, prosesor melakukan tindakan yang sesuai untuk sebuah instruksi atau bagian daripadanya. mengukur yang disebut CPI (Siklus Per Instruksi) memberikan representasi dari rata-rata jumlah siklus clock yang diperlukan untuk microprocessor untuk mengeksekusi instruksi.

B.       Saran
Saya sebagai makhluk biasa tidak lepas dari kesalahan, untuk itu saya mengharapkan kritikan dan saran yang membangun dari para pembaca demi berkembangnya ilmu pengetahuan.


http://s7.computerhistory.org/is/image/CHM/500004686-03-01?$re-zoomed$
*    Tokoh               : Ted Hoff
*    Penemu            : Microprosessor Intel
*    Ted Hoff
*    Nama               : Marcian Edward “Ted” Hoff ,Jr.
*    Lahir                 : Rockester New York, 28 Oktober 1937
*    Kebangsaan      : Amerika
*    Penemu            : Microprosessor Intel
Microprosessor adalah Sebuah jenis perangkat elektronik miniatur yang berisi aritmatika, logika, dan sirkuit kontrol yang diperlukan untuk melakukan fungsi central processing unit komputer digital. Pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel , microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati. Pada tahun 1974  Microprosessor Menjadi otak dari sebuah komputer yang bernama Altair, pada saat itu terjual sekitar sepuluh ribu dalam 1 bulan. Tahun Penjualan penting dalam divisi komputer terjadi pada tahun 1978 adalah  produk untuk komputer pribadi buatan IBM yang memakai prosesor 8088 yang berhasil mendongkrak nama intel. Tahun 1982 muncul Microprocessor Intel 286 atau yang lebih dikenal dengan nama 80286 adalah sebuah processor yang pertama kali dapat mengenali dan menggunakan software yang digunakan untuk processor sebelumnya. Muncul lagi Intel 386 adalah sebuah prosesor yang memiliki 275.000 transistor yang tertanam diprosessor tersebut yang jika dibandingkan dengan 4004 memiliki 100 kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan 4004 pada tahun 1985. Processor yang pertama kali memudahkan berbagai aplikasi yang tadinya harus mengetikkan command-command menjadi hanya sebuah klik saja, dan mempunyai fungsi komplek matematika sehingga memperkecil beban kerja pada processor muncul pada tahun 1989. Berlanjut pada tahun 1993, muncul Processor generasi baru yang mampu menangani berbagai jenis data seperti suara, bunyi, tulisan tangan, dan foto. Tahun 1995 muncul lagi Processor yang dirancang untuk digunakan pada aplikasi server dan workstation, yang dibuat untuk memproses data secara cepat, processor ini mempunyai 5,5 jt transistor yang tertanam. Tahun 1997 munculah Processor Pentium II merupakan processor yang menggabungkan Intel MMX yang dirancang secara khusus untuk mengolah data video, audio, dan grafik secara efisien. Terdapat 7.5 juta transistor terintegrasi di dalamnya sehingga dengan processor ini pengguna PC dapat mengolah berbagai data dan menggunakan internet dengan lebih baik. Lanjut pada tahun 1998 muncul Processor yang dibuat untuk kebutuhan pada aplikasi server. Intel saat itu ingin memenuhi strateginya yang ingin memberikan sebuah processor unik untuk sebuah pasar tertentu. tahun1999 ada Processor Intel Celeron yang merupakan processor yang dikeluarkan sebagai processor yang ditujukan untuk pengguna yang tidak terlalu membutuhkan kinerja processor yang lebih cepat bagi pengguna yang ingin membangun sebuah system computer dengan budget (harga) yang tidak terlalu besar. Processor Intel Celeron ini memiliki bentuk dan formfactor yang sama dengan processor Intel jenis Pentium, tetapi hanya dengan instruksi-instruksi yang lebih sedikit, L2 cache-nya lebih kecil, kecepatan (clock speed) yang lebih lambat, dan harga yang lebih murah daripada processor Intel jenis Pentium. Dengan keluarnya processor Celeron ini maka Intel kembali memberikan sebuah processor untuk sebuah pasaran tertentu. Tahun 1999 muncul  Intel® Pentium® III Processor dan Intel® Pentium® III Xeon® Processor. Tahun 2000: Intel® Pentium® 4 Processor. Tahun 2001muncul  Intel® Xeon®  dan Processor Intel® Itanium® Processor. Tahun 2002 muncul Intel® Itanium® 2 Processor. Pada tahun 2003 ada Intel® Pentium® M Processor. Tahun 2004 muncul lagi Intel Pentium M 735/745/755 processors. Intel E7520/E7320 Chipsets muncul tahun 2004.Berlanjut Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz dan Intel Pentium D 820/830/840  pada tahun 2005. Tahun 2006 muncul Intel Core 2 Quad Q6600 dan Intel Quad-core Xeon X3210/X3220.
Perjalanan Ted Hoff
Pada usia 15, ia memenangkan perjalanan ke Washington, DC, dan beasiswa $ 400 dari Westinghouse Science Talent Search.
Selama musim panas jauh dari perguruan tinggi ia bekerja untuk Perusahaan Umum Kereta Api Sinyal di Rochester di mana ia dirancang dua sirkuit yang dihasilkan pertama dua hak paten.Satu rangkaian kereta dideteksi melalui frekuensi audio ditransmisikan sepanjang jalur kereta api. Lain energi yang diserap untuk melindungi terhadap petir
Dimasukkan Stanford sebagai anggota Yayasan Sains Nasional pada tahun 1955
Antara September 1968 dan April 1969, Ted Hoff mulai mengembangkan keluarga chip untuk perusahaan kalkulator Jepang. Chip ini dimaksudkan untuk kalkulator yang akan keluar di bawah merek yang disebut Busicom.
Ketika ia disarankan untuk para insinyur jepang untuk membuat lebih baik menggunakan memori dengan menyederhanakan fungsi Jepang tidak tertarik untuk membuat perubahan. Tapi Bob Noyce mengatakan kepadanya dan Stan Mazur untuk terus maju dan apa yang dihasilkan komputer tujuan umum. Ted Hoff juga mengembangkan set instruksi untuk komputer yang pada dasarnya apa yang menjadi set instruksi untuk mikroprosesor 4004. Chip itu sebagai kekuatan besar sebagai ENIAC, yang diisi 3.000 kaki kubik dengan 18.000 tabung vakum.
Sejak tidak Hoff atau Mazur tahu banyak tentang teknologi CMOS itu Federico Faggin untuk mendapatkan chip pada silikon pada tahun 1971.
Ketika dihubungi dia pencari tenaga kerja pada awal 1983, ia siap untuk berubah dan bergabung Atari sebagai wakil presiden bidang teknologi. “Atari melakukan beberapa hal menarik pada saat itu, seperti melihat peran komputer bisa bermain di rumah dan jenis grafis hal khusus,” katanya. Tetapi konsumen produk Atari, video game, mulai slip cepat sekitar setahun setelah ia bergabung. Warner, yang dimiliki Atari, dijual di pertengahan ’84. Hoff ditawari posisi dengan pemilik baru, Commodore, sebuah perusahaan elektronik konsumen yang mencoba mengembangkan lini produknya. Tapi ia tidak yakin di mana ia akan menyesuaikan diri, jadi dia pergi sendiri.
Gary Summers, yang tahu Hoff dari Atari, menawarkan untuk bekerja dengannya. Summers telah mendirikan sebuah perusahaan bernama Teklicon, sebuah perusahaan konsultan yang mengkhususkan diri dalam penyediaan pengacara ahli teknis untuk menangani litigasi intelektual-properti. Hoff dimulai sebagai konsultan, tapi sekarang menjadi wakil presiden dan kepala teknolog.
Ini Kronologinya
Pada tahun 1954 lulus dari Rensealler Polytechnic Institute di Troy, NY, di teknik elektro (BEE).
Pada tahun 1959 menerima MS di Teknik Elektro.
Tahun 1962 Menerima gelar PhD di Universitas Stanford di Teknik Elektro.
Tahun 1968 Dipekerjakan sebagai karyawan nomor 12 oleh Intel Corporation.
Di tahun 1974 Paten 3.821.715 (US) yang diterbitkan 28 Juni 1974
Saat tahun 1980 Dinamakan pertama Intel Fellow, posisi teknis tertinggi di perusahaan.
Tahun 1982 Bergabung Atari
1986 Vice President dan Chief Technical Officer dengan Teklicon, Inc
Pujian dan Penghargaan
1988 menerima IEEE Computer Society Pioneer Award.
1996 inducted into the National Inventors Hall of Fame.
1997 George R. Award Stibitz
The Stuart Ballantine Medal dari Franklin Institute.
IEEE’s Diterima Cledo Brunetti Penghargaan dan Medali Centennial nya.
Davies Diterima Rensselaer Polytechnic Institute’s Medal.
Anggota IEEE.
Anggota: Asosiasi Amerika untuk Kemajuan Ilmu, Eta Kappa Nu, Beta Pi Sigma Tau dan Chi.
Penemuan Ted hoff ini sangat berguna bagi masadepan karena dengan penemuannya tersebut orang dapat memakai computer dengan fleksible dan memunculkan inovasi baru tentang computer karena dengan microchip kecil kita dapat melakukan segala hal dan dapat membuat alat yang memudahkan kita melakukan pekerjaan,komunikasi,dan kegiatan lainnya







Daftar Pustaka
http://theblackacedenz.blogspot.com/2009/02/pengertian-dan-sejarah-processor.html

http://gudanglinux.wordpress.com/2013/11/05/sejarah-prosesor-intel/

http://m.portal.paseban.com/?mod=content&act=read&id=120511

http://kingberaksi.blogspot.com/2012/09/macam-macam-processor-untuk-laptop.html

http://septikawk.students.uii.ac.id/2012/09/25/ted-hoff-sang-penemu-microprocessor-intel/

https://www.google.co.id/         


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar